Minggu, 27 April 2014

Peroposal Pengadaan Ambulance


Peroposal Pengadaan Ambulance



Profil  Yayasan Al Ishlah Adipala

Yayasan Al Ishlah Adipala lahir dan eksis sejak tahun 1994, berkiprah untuk umat oleh karena parahnya krisis multidimensi yang melanda masyarakat pada umumnya dan masyarakat Adipala pada khususnya. Diperparah dengan berbagai pemikiran-pemikiran dan gaya hidup yang tidak Islami sebagai dampak dari arus globalisasi. Sementara itu gencarnya gerakan kristenisasi dengan berbagai bentuk layanan dan kemudahan bantuan yang suguhkan kepada masyarakat, sehingga tidak sedikit orang Islam yang akhirnya terjerat hutang budi dan hingga menjadi murtad karenanya.

Adapun Visi & Misi Yaysan Al Ishlah Adipala adalah :

Visi :

Menjadi Lembaga Dakwah yang kokoh dan istiqomah dalam menyebarkan Islam secara benar, utuh dan menyeluruh, membimbing dan mengembalikan umat kepada pemahaman Al Quran dan As sunnah yang benar sesuai pemahaman ahlu sunnah wal jama`ah dengan manhaj salafus sholih di wilayah Adipala pada khususnya.

Misi :


  • Mewujudkan Pelaksanaan Da’wah sebagai perintah Allah SWT sebagaimana yang dicontohkan oleh Rosulullah SAW.
  • Menghimpun pelaksanaan da’wah dan menjadikan Yayasan Al-Ishlah Adipala sebagai lembaga koordinasi da’wah Islam di wilayah kecamatan Adipala dan sekitarnya, sehingga terwujud pelaksanaan da’wah yang sistematis dan terorganisir baik secara teknis maupun secara administratif.
  • Sebagai bagian dari komponen umat/masyarakat, ikut ambil bagian dan berperan aktif dalam kegiatan pelayanan sosial, kemanusiaan termasuk di dalamnya mengelola wakaf, zakat, infaq, shodaqoh dan lain-lain


Visi dan misi tersebut kemudian diejawantahkan dalam 3 program utamanya, yaitu: Program Anak Asuh, Program Pendidikan Islam, dan Pelayanan Sosial. Program-program tersebut lebih banyak diprioritaskan untuk masyarakat kurang mampu, dan masyarakat yang terkena musibah/bencana.


Sekretariat :

Masjid Al-Ishlah
Jl. Raya Srandil Desa Adirejakulon Kecamatan Adipala
Kabupaten Cilacap

Blog : yysalishlah.blogspot.com
email : yysalishlah@yahoo.com

Contact Person :
Sukono, S. Pd                       (085842548627)
Ahmad Supriyanto             (085647749400)
H. Suharjito                         (08156981912)
Supar                                     (081548865292)
Joko S.                                   (081585481966)

1.       Latar belakang

Semakin mudahnya mendapatkan informasi dan pengetahunan, kini kesadaran masyarakat akan kebutuhan kesehatan sudah cukup membaik. Sementara institusi penyedia jasa layanan medis juga sudah cukup memadai dan begitu beragam, tersebar di berbagai wilayah. Namun yang menjadi salah satu kedala sebagian besar layanan medis yang memadai tersebut labih banyak berada di kota besar, dan terpaut jarak yang relatif jauh dengan wilayah Adipala.

Bahwa keluarga miskin termasuk dalam kelompok rentan dalam permasalahan kesehatan. Hal ini dapat disebabkan beberapa hal misalnya, kesulitan akses layanan kesehatan dasar (primary health care) akibat tidak mampu membayar biaya berobat, rendahnya tingkat pengetahuan kesehatan yang berujung pada pola hidup yang tidak bersih dan sehat, hingga letak rumah yang jauh dari fasilitas kesehatan (puskesmas atau rumah sakit).

Saat ini layanan mobil ambulance sangat terbatas dimiliki oleh institusi-institusi medis milik pemerintah seperti puskesmas dan balai kesehatan swasta. Berbelitnya birokrasi layanan ambulance institusi medis milik pemerintah, dan mahalanya tarif ambulance swasta, adalah menjadi kendala tersendiri bagi masyarakat untuk bisa lebih cepat menangani pasien.

Adanya layanan ambulance yang dikelola pihak kaum misionasir (Gereja), yang mudah dan murah diakses oleh masyarakat. Mereka melayani tidak hanya terbatas pada umatnya saja, namun menjelajah hingga ke keluarga-keluarga muslim yang taat. Hal ini adalah sebuah ironi yang sangat mengkhawatirkan merongrong aqidah dan keimanan umat muslim. Hal lain adalah ini adalah sesuatu yang cukup memalukan, dimana umat muslim yang memiliki populasi mayortas, justru tidak mampu memiliki dan memberikan jasa layanan tersebut kepada umatnya.

Mobil Ambulance Yayasan Al Ishlah Adipala hadir sebagai salah satu solusi dari permasalahan tersebut. Dengan memberikan layanan kesehatan berupa jasa ambulance murah bahkan gratis dan bersifat mobile bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat yang kesulitan akses terhadap layanan kesehatan dasar.

2.       Judul Program

PENGADAAN Mobil  Ambulance Yayasan Al Ishlah Adipala

3.       Tujuan Program

PENGADAAN MOBIL AMBULANCE YAYASAN AL ISHLAH ADIPALA
 memiliki tujuan sebagai berikut:


  •  Membantu masyarakat yang kurang mampu/fakir–miskin dalam mendapatkan layanan kesehatan dasar (primary health care) secara mudah, murah bahkan gratis.
  • Menyediakan kendaraan darurat untuk mobilisasi pasien dari tempat tinggal menuju tempat Layanan Medik maupun sebaliknya dari tempat layanan medik ke rumah pasien.
  • Menyediakan kendaraan emergency untuk pertolongan segera pada kejadian kecelakaan dan bencana.
  • Menyediakan sarana angkutan jenazah dari tempat layanan medik ke rumah duka, maupun dari rumah duka ke makam.
  • Menjadikan sarana da’wah “bil hal”, sekaligus membentengi rongrongan aqidah dan keimanan umat muslim dari berbagai bentuk gerakan pemurtadan dan perusakan  moral.

4.       Wilayah & Penerima Manfaat Program
Target wilayah dan penerima manfaat program adalah di wilayah Adipala dan sekitarnya. Namun terdapat beberapa syarat teknis dan kriteria yang harus dipenuhi calon penerima manfaat program, yang di tetapkan pada lembaran aturan tersendiri.

5.       Deskripsi Program

Program Pengadaan Mobil Ambulance

Adalah program pengadaan layanan angkutan pasien atau jenazah (berupa mobil ambulance, yang dilaksanakan dengan prosedur yang mudah dan tarif yang murah, bahkan gratis (bagi masyarakat fakir miskin), yang tempat tinggalnya jauh dari akses pelayanan kesehatan.

Mobil Ambulance juga dapat dilaksanakan di lokasi terjadi kecelakaan dan di daerah pasca bencana yang membutuhkan layanan angkutan pasien/jenazah secara cepat.


6.       Strategi Pelaksanaan Program

Strategi pelaksanaannya akan dilakukan secara bertahap mulai dari tahap Perencananaan hingga Monitoring dan Evaluasi, sebagai berikut :

Tahap I, Perencanaan

  1. Pembuatan proposal 
  2.  Seleksi calon vendor mobil


Tahap II, Persiapan

  1. Pemilihan vendor mobil
  2. Penandatanganan MoU dengan Mitra


Tahap III, Realisasi Program

  1. Pembelian Mobil Ambulance dari vendor terpilih
  2. Branding (cat/letter Informasi LembagaPengelola)
  3. Instalasi peralatan kesehatan


Tahap IV,Monitoring dan Evaluasi
1                       Pembuatan laporan

7.       Indikator Keberhasilan Outcome Program
§  Tersedianya sarana Mobil Ambulance untuk program pelayanan masyarakat

8.       Alat Bukti Keberhasilan

§  Mobil Klinik/Ambulance yang sudah dibranding
§  Dokumentasi kegiatan



9.       Susunan Pengelola Program

Penanggung Jawab      :      Sukono S. Pd
Ketua I                               :     Ahmad Supriyanto
Ketua II                              :     Supar
Sekretaris                          :     Joko S.
Bendahara                        :     H. Suharjito
Bidang Usaha              :     H. Suharjito (koordinator)
                                                    Bp. Sukoyo
                                                    Bp. Sagiyo
                                                    Seluruh Pengurus Yayasan
10.   Anggaran Program


No
Jenis Barang
Jumlah
Satuan
Harga
Total Harga
1
L. 300 th 1990 (ex Ambulance)
1
unit
 Rp    20.000.000
 Rp    20.000.000
2
Rekondisi engine dan elektrik
1
paket
 Rp      5.000.000
 Rp      5.000.000
3
Ban
5
unit
 Rp          700.000
 Rp      3.500.000
4
Rebranding
1
set
 Rp          300.000
 Rp          300.000
5
Garasi
1
unit
 Rp    15.000.000
 Rp    15.000.000
6
Pengurusan BPKB & STNK
1
unit
 Rp      2.500.000
 Rp      2.500.000







Jumlah Total



 Rp    46.300.000



11.   Penutup

Ini merupakan sebuah kesempatan yang sangat berharga bagi Bapak/Ibu/Sdr/i berkontribusi dalam PENGADAAN MOBIL AMBULANCE ini, dalam rangka memberikan pelayanan kepada umat dan masyarakat secara umum, serta pemberdayaan potensi sumber daya masyarakat.

Untuk mencapai hasil yang optimal dalam meningkatkan kemudahan akses layanan jasa ambulance bagi masyarakat, kami berharap Bapak/Ibu berkenan memberikan kontribusinya untuk merealisasikan PENGADAAN MOBIL AMBULANCE  ini

                          Cilacap, April 2014



 
          Ahmad Supriyanto                             Joko Sriwidodo, SP
                   Ketua Panitia                                                 Sekretaris


Ketua
Yayasasn Al Ishlah Adipala





 SUKONO, S.Pd








Lampiran
Kondisi Mobil Saat Ini